Sep 30, 2010

Hidup ala Jet-setter di Lombok (2)

yap....i still got a lot of destination to tell you ! so here they are....

Selama nginep di Senggigi, selain pemandangan alam seperti pantai dan hutannya yang indah..ga afdol rasaya kalo ga ke situs sejarahnya karena Lombok juga punya dong tempat bersejarah yang keren buat dikunjungin! ( PS : gw selalu tertarik mengunjungi tempat-tempat bersejarah setiap kota karena mau tahu juga seberapa kerawatnya tu tempat sama pemda setempat heheh ;p biar gimana juga itu kan peninggalan bersejarah sayang kalo ga dilestarikan! ). Nah untungnya Taman Narmada yang berada sekitar 11 kilometer di sebelah timur kota Mataram ini, benar terawat dengan baik ! bagossssshhh !

Karena kita akhirnya juga ambil gambar disitu, jadinya gw chit chat deh sama guide yang dijadiin figuran di salah satu scene nya hehehe,,kata si mas-nya Taman Narmada ini dibangun oleh Raja Anak Agung Gede Ngurah Karang Asem tahun1727, buat rumah peristirahatan musim panas gitu..hehe gaya yah rajanya ;p, dan highlightnya disini adalah sebuah danau yang luasss banget ! nah katanya si itu adalah replika atau miniatur dari Danau Kawah Segara anak (liat gambar di bagian 1) di Gunung Rinjani itu!. Capek kali ye tu raja turun naik gunung, jd buat aja deh replikanya ;p....nah the spooky thing is..danau yang dalem itu kata si guidenya rada angkerrr...pernah ada beberapa orang yang tenggelam tanpa sebab disitu,,hiiiiiiiiiiiiii >< !

Eitsss tapi ada yang unik lagi nih...disitu ada sebuah air mata awet muda ! dipercaya masyarkat setempat kalo basuh muka disitu bisa berkhasiat awet muda karena airnya langsung ngucur dari mata air di atas gunung rinjani...langsung dong produser gw mau gw ambil scene disitu juga...untung bulan lagi tak datang..heheh karena kalo lagi dapet ga boleh masuk tempat sumur nya itu....hehehe beruntung nya bisa basuh muka pake air awet muda ;p. One last attraction yang sering disebut2 sama guide nya bahwa disini ada replika dari gunung rinjani itu sendiri,,,wah langsung dong gw penasaran, ekspektasinya udah tinggi banget lagi,,terus jad mikir2 sendiri hmm kaya apa ya tu replika segede? apa bentuk nya gmn?..eh pas sampe tempatnya...nampaknya harapan saya ketinggian...replikanya itu kecil bangettt cuma seuprit ! ternyata replika itu cuma berbentuk kaya ukiran yang kecil banget pas di tengah-tengah pintu masuk sebuah pura besar disitu -_____- " hadeehhhhh......

Taman Narmada > tangga itu menuju pura yang ada replika G.Rinjani,sebelah kiri gambar ada bangunan nah disitu tempat mata air awet muda

But, anyway kalo secara keseluruhan komplek Taman Narmada ini bisa dibilang cukup asri dan sangat menarik buat dikunjungi apalagi sama keluarga yang punya banyak anak kecil,,knp? karena punya taman yang luas jadi anak kecil bisa puas lari-larian pasti mereka seneng banget kann hehehe.. :p

Perjalanan gas pol lagi ni ke tempat wisata unik lainnya di sekitar Mataram, Lombok. Ada yang namanya Desa Adat Suku Sasak (suku asli Mataram) namanya Desa Ende..nah harusnyaa si kita ke desa Sade which is desa wisata yang lebih dikenal sering dikunjungin sama turis lokal maupun mancanegara...eh tapi kita malah nyangsang di desa Ende karena driver kami "pintar" sekali tau jalannya -____-"....tapi gpp juga kok...sebenernya konsep dari dibangun desa adat suku sasak asli ini sama aja konsepnya yaitu menampilkan arsitektur2 khas suku Sasak asli lengkap dengan lifestyle nya mereka sehari-harinya seperti apa sih....gitchuuuuuu...!. Pas masuk udah ada gapura gede yang bangunannya khas suku sasak banget, gapura kayu dengan banyak jerami2 di atasnya. Kita langsung disambut sama penduduk setempat dengan ramah dan juga aroma taik kebo yang semilir menusuk hidung ;p hehehe....

Desa Ende- Desa Adat Suku Sasak

Yang unik banget disini adalah suatu adat atau kepercayaan mereka yang...ehmm mau ceritainnya jadi eneg sendiri nih...ready ? okey..hmm adat yang mereka selalu lakukan itu adalah melumuri lantai rumah-rumah mereka dengan tai kebooo! *c* ! gileee ga kebayang deh gw itu jijik nya kayak apa..dan emg dasar yah produser gw tercinta,,mas astriadi ! gatel banget kalo soal ambil gambar kegiatan unik-unik dan ga biasa (yah biar menarik juga si tayangannya),walhasil gw disuruh deh tuh berkegiatan lagi melihat proses melumuri lantai dengan tai kebooooo ituu...yang ngelakuin juga seorang nenek yang memang udah sepuh dan udah bertahun-tahun kali tuh temenan ma tai kebo ;p hehehee,,,,,kayanya gw sangsi yang muda2 alias generasi sekarang walaupun keturunan asli suku sasak mau berurusan dengan tai kebo hehehe (maap yah banyak nyebut tai keboo,,,kalo yang jijik..kayanya ntar nyebut lagi ni ;p )
see the green floor? itu udah dibalurin sama "si pembersih lantainya" xp

Yah nasib lah namanya juga sudah tuntutan pekerjaan harus berani menerima semua tantangan! hehe!. Di Ende, gw juga berkesempatan liat-liat ke dalam rumah adatnya, dapurnya, kerajinan tangan khas suku sasak, serta suasaananya. Semuanya benar-benar serasa di perkampungan asli-sli-sli nya,,walaupun itu merupakan desa wisata. Begitu pulang...gw juga dapet oleh-oleh yang sangat khas loh dari sana ! baju dan celana ku kena taii keboooooo donggg ^c^" ! hahahahah,,,,,sungguh oleh-oleh yang sangat jarang dikasih ke saya! wakwawwwwwwwww............

dan saya foto dengan si "nenek pembalur lantai" udah cuci tangan kok dia..tapi kok gw tetep dapet "oleh2" ya? *c*"


Next Stop : Villa Manna Kebun, Oberoi Villas , Gili Nanggu, Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air !!!!

Stay tunee bloggersssss,,,,, :)) 
Putri Dwiandari
Putri Dwiandari

Hai Friends, welcome to my blog! i'm a Moslem, a happily married, and a mom of two daughter named Asiya Almira Adiprawira and Aisha Adriana Adiprawira. I start this blog back in 2009 to share my thoughts and also my traveling experiences. About life, family, work, fashion, food and things that i passionate most.

No comments:

Post a Comment