Oct 15, 2010

Untung Saya Lahir Disini !!

Waktu Ku Kecil Hidupku Amatlah Senang........... (silakan teruskan lirik lagunya sendiri yah ;p)

Ingatan yang masih paling lengket di otak kalo flashback ke jaman TK Aisyah Tebet dulu  adalah waktu saya ikutan parade Hari Kartini, mungkin karena masih ada fotonya juga kali yah ;p hehehe...ya tapi kadang-kadang kan kalo kita cuma liat foto belum tentu kita inget dong kejadiannya gimana di ingatan kita ya ga? tapi ini saya bener-bener masih inget dengan jelas !

Pertama kali ikutan parade hari kartini nya itu pas di TK nol kecil, tahun pertama menginjakkan kaki di sebuah institusi pendidikan setelah 3 tahun pertama hidup di dunia belajarnya di rumah terus sama orang tua kita ;p. Parade Hari Kartini ini membebaskan kita buat milih mau pake baju apa atau mau jadi siapa aja, misalnya ada nih yang cowok pada jadi superman, ada yang jadi batman, ada juga pake baju polisi, terus yang cewek ada yang jadi peri, cinderella, dan ada juga diantara kita yang memilih pake baju-baju daerah :), lucunya waktu itu ibu saya selalu memakaikan saya kostum baju daerah sementara kakak saya jadi polisi, hihi waktu tahun pertama saya di TK saya pake baju bodo, baju asal sulawesi yang khas dipake khusus untuk wanita bugis dan makassar, saya suka banget pake kostum itu walaupun saya ga ngerti kenapa disebut baju bodo, orang bajunya bagus banget gitu, denga segala perhiasan2nya, bikin cantik dan imut ;p, kenapa ga namanya "baju cakep" hehehee..

Di tahun kedua pas TK Nol Besar, saya tambah semangat ikutan parade Hari Kartini lagi, dan sekarang saya yang milih mau pake baju apa, kebetulan waktu itu juga saya udah mulai ikutan les nari daerah di sanggar nari deket rumah, saya les nari Bali dan jadi sering ikutan pentas-pentas nari di TMII, bener-bener di anjungan provinsi Bali nya. berkompetisi sama sanggar nari lainnya. Saya jadi sempet bertanya-tanya, kalo sekarang masih ada ga sih pementasan atau kompetisi nari antar sanggar yang diadain di TMII gitu? kayanya semakin kesini TMII semakin kalah pamor sama tempat-tempat hiburan kaya mall dan amusement park yang menjamur di Jakarta dan Sekitarnya, huff sedih juga sih, saya sendiri pun udah lama ga kesana lagi sih...hehehe.. (ngaca dulu deh mendingan ;p )

Karena waktu saya sering pentas tari Bali, akhirnya saya jadi rada ketagihan pake baju daerah Bali. Padahal makein baju Bali itu ribet prosesnya bu ! dan rada sesek gitu karena harus pake stagen+kain yang dililit berlapis-lapis lagi, belum asesoris nya, disasak lah pake konde, make-up nya (saya paling suka waktu dipakein odol ditengah-tengah jidat karena dingin dan enak aja rasanya :D ) Tapi anehnya saya malah sangat menikmat proses didandanin-nya itu, dan betah aja walaupun berlama-lama di utak atik sama sang Ibu hihihi, makes me feel like a real little princess udahaanya ;p

Akhirnya pas parade Hari Kartini terakhir saya, saya memutuskan untuk pake baju daerah Bali aja! hahah ibu saya juga lega kali yah saya milih itu karena sebenernya saya udah punya kostumnya lengkap banget dari ujung rambut sampe ujung kaki, bekas pementasan yang lalu, jadi ga usah susah susah lagi deh nyewa baju kesana kemari... hemat energi hemat biaya ! hehe siap deh untuk Kartini-an keliling tebet !!

Seneng juga sih bisa mengenal kebudayaan Indonesia ga cuma dari teori-teori yang ada di text book, paling standard dan yang paling menarik anak-anak kecil belajar kebudayaam 32 propinsi (jaman saya masih segitu) adalah belajar baju-baju daerahnya..itu aja udah susah banget ngafalinnnya. ya jangankan itu deh, ngafalin nama propinsi+ibukotanya yang bener aja ga afal-afal ;p ! Untungnya ibu saya secara praktek, juga mengenalkan kebudayaan indonesia ke saya secara benar-benar harfiah yaitu dengan memakaikan saya baju-baju daerah dan menuntun saya untuk mempelajari kesenian daerah  tari tradisional Bali!  Sebuah cara yang simple dan lebih ampuh untuk membuat seorang anak kecil tambah cinta sama keanekaragaman budaya negerinya sendiri, ga harus dipaksa-paksa afalin semua yang ada di buku menyangkut kebudayaan Indonesia, dan ga harus selalu pergi mengunjungi setiap daerah di Indonesia untuk bisa merasakan keragaman budaya kita. Cukup kita sentuh, kita pakai, kita praktekan apa yang ada dalam budaya kita :) NICE !

I See....I Feel... I Hear......


Saya mengalamainya.....

Ketika saya kuliah, saya kembali bersentuhan dengan menari tradisional lagi! rasanya seneng banget akhirnya ga cuma tau nariin tarian bali ;p (walaupun itu juga udah ga bisa sekarang karena benar-benar hilang ingatan sama gerakan-gerakannya hehe) Alhamdulilah setelah beberapa bulan saya ikut unit kegiatan mahasiswa (UKM) di kampus saya yaitu tari tradisional, pada tahun 2007 saya dapet kesempatan pergi ke Jerman mewakili universitas saya untuk mengikuti International Folklore Festival yang diikuti berbagai negara. Pengalaman yang sangat berharga karena dari situ saya liat negara lain ga punya kostum seindah kostum tarian daerah kita, ga punya gerakan tari selincah dan seunik tari yapong dan saman kita, dan juga mereka ga punya banyak tarian daerah sebanyak yang kita punya.....bangga sekali rasanya waktu itu... :) . Sesampainya di tanah air, kita se-grup tersenyum lebar dan sangat senang akan perjalanan berharga kami, kami puas, saya puas,,,,,,,

CIOFF International Folklore Festival at Germany

with Mexican dancers , me wearing Betawi traditional dancing costume :)
My Saman Team !!!


Saya Merasakannya..........

Masih belum banyak orang-orang Indonesia, khususnya orang Jakarta (kalau yang saya perhatikan) mau berlibur atau menjelajahi kota / daerah di Indonesia, mereka pasti lebih prefer ke luar negeri atau paling mentok kalo di dalam negeri ya BALI....tapi wisata alam, kuliner, budaya dan sejarah ga cuma di BALI doang kok yang bagus....masih buanyaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkk bangetttttttttt bangetttannnnn yang bagus (maaf kalo nuis nya agak lebay, itu ekspresi yang harus saya tunjukan krn emg banyak banget!! hehe) . Sekali lagi ngaca ke diri sendiri dulu deh, saya pun ga pernah jauh-jauh dari pulau jawa dan pulau Bali kalo berlibur dalam kota, abis keluarga disini semua, ga ada yang jauh-jauh sampe pulau Sumatera atau Sulawesi misalnya. Tapi takdir menghampiri saya (cieeee) hehe, saya tahun 2010 ini selama 3 bulan Juni-Agustus kemarin berkesempatan bawain program jalan-jalan di TV One, jadi berangkat liputan deh keliling pulau Jawa, Sulawesi Tenggara , Sulawesi Selatan, Lampung, Bali dan Lombok ! Alhamdulilah......dari keseluruhan perjalanan, tempat-tempat wisata yang saya kunjungi, berbagai kuliner yang saya lahap sampe ludes, tempat sejarah dan budaya, semuanya benar-benar sangat beragam dan indah!! (dan enak tentunya makanannya hehehe). Rasa cinta saya jadi semakin besar sama INDONESIA, semakin menghargai peninggalan budaya dan seni yang masih ada, semakin merasakan bahwa negeri saya indah dan patut untuk dijaga serta dilestarikan terus !

"somewhere over the rainbow" Gili Trawangan Beach (Photo taken by me)

indahnya laut Gili, Lombok
Speechless ;D (Gili Trawangan Lombok)

Kawah Putih yang menakjubkan


Saya meresapinya.......

Berbagai pengalaman hidup yang saya dapatkan di atas, membuat saya mengerti bahwa jika kita bersentuhan langsung dengan berbagai kesenian, budaya , adat , keaneka ragaman alam dan wisata di Indonesia, tanpa harus melihat suku kita apa,,kita bisa lebih meresapi kekayaan itu dengan lebih baik :)
bukan hanya teori, bukan hanya bacaan, bukan hanya tulisan semata, tapi sesuatu yang nyata yang lebih baik dan dapat kita rasakan di hati dan jiwa kita. Ketika takjub melihat puncak gunung Rinjani dari atas pesawat di Lombok , ketika merasakan nikmatnya minum bandrek di udara yang sejuk dan dingin di Kawah Putih Ciwidey Bandung, dan ketika menarikan tarian Saman dari Aceh yang begitu enerjik dan menyatu dalam gerak tubuh...perasaan hangat yang muncul ketika saya meresapi semuanya...perasaan CINTA yang mendalam akan keaneka-ragam bangsa-ku , Indonesia-ku.....

Teruslah resapi, alami, cintai....keragaman bangsa kita.....rayakan dengan penuh cinta !!

Untung saya lahir disini........................di............................................INDONESIA !!


Putri Dwiandari
Putri Dwiandari

Hai Friends, welcome to my blog! i'm a Moslem, a happily married, and a mom of two daughter named Asiya Almira Adiprawira and Aisha Adriana Adiprawira. I start this blog back in 2009 to share my thoughts and also my traveling experiences. About life, family, work, fashion, food and things that i passionate most.

No comments:

Post a Comment