May 29, 2011

Membaca Alamat Hotel Harus Jelas, Jeli dan Teliti

Kalo kebanyakan penerbangan internasional pasti mendaratnya di di Bandara Charles de Gaulie, lain halnya dengan saya, saya malah mendarat di Bandra d'Orly (ORY) bandaranya ga sebesar Charles de Gaulie (CDG) but it's nice dan yang penting sampe juga kan di Paris hehe, begitu landing saya mulai menelan ludah ni karena saat-saat saya harus membopong backpack itu akhirnya terjadi! huff berat jugaa ternyata...hadehh ya udah lah resiko dong kan mau jadi semi-backpacker ;p.

Sebelum keluar airport ada tourist information (TI) yang sangat manis udah standy by menyambut para turis yang masih kebingungan cari transportasi untuk menuju kota Paris, termasuk saya hehe. untuk menuju kota Paris dari Orly dan tiba di stasiun deket hotel tempat saya menginap, terlebih dulu pilih rail line ke Orly South Terminal (SUD), lalu lanjut dengan transportasi umum dengan memilih jalur RER B untuk sampe ke Stasiun Gare Du Nord yang merupakan tujuan saya.
( klik ke www.ratp.fr untuk lebiih jelasnya)

akhirnya sampe juga di kota Paris! kita keluar di bagian belakang station yang sepi, waduh ga ada tanda-tanda jalan, dan IPAD suami pun belum berfungsi dengan baik GPSnya. Nah disini-lah letak kesalahan saya pemirsa, maklum ya amatiran, harusnya begitu nge-book hotel di Paris, saya juga harus nyari jalan jelas menuju hotel tersebut karena kalo dengan mengandalkan alamat biarpun kita udah di area tempat alamat tersebut bilang, tetep aja susah nemuinnya karena kaya di Jakarta aja, alamat rumah di Cilandak, nah tapi kan cilandak luas , di jalan apa ? deket mana? beloka ke berapa? so jangan lupa untuk selalu neg-print "how to get there" nya yah karena pihak hotel biasanya ngasih tau kok jalan-jalannya gimana, apalagi kalo mesennya via www.booking.com / www.hostelworld.com.

Dan karena terlalu kebingungan, daripada marah-marah karena udah kecapean karena perjalanan yang sangat panjang dari Jakarta, plus beban di punggung makin terasa berat, naik taxi lah kita dari stasiun huh jadi buang-buang duit deh,sebesar 6 Euro (Rp.75.000) :(( 

Ternyata oh ternyata cuma dua blok loh jauhnya eh udah sampe...deket banget dari stasiun Garde du Nord tempat saya turun, cuma jalan kaki sepuluh menit kali, udah gitu hotel saya lokasinya di pinggir jalan, deket keramaian wah strategis bangets! depan stasiun pula ! hahah ternyata harusnya saya turun di stasiun yang depan hotel saya ini namanya stasiun Gare de l'est, begitulah kalo cuma mengandalkan alamat hotel, wong ditulis nya Hotel Francais Gare de l'est bukan Gare du Nord !

Lesson Learn :

- Persiapkan alamat hotel dengan jelas dan se-informatif mungkin, save di memo pad hape dan kalo perlu di print, kalo yang udah melek teknologi bisa di save tuh gambar peta jalur perjalanannya  di smart phone atau IPAD yang kamu bawa jadi ga usah susah bawa kertas berlembar-lembar :)

- jangan cuma mengandalkan alamat hotel yang tertera ! kalo nyasar atau salah jalan malah rugi buang-buang waktu , tenaga, dan uang tentunya ! :p

Putri Dwiandari
Putri Dwiandari

Hai Friends, welcome to my blog! i'm a Moslem, a happily married, and a mom of two daughter named Asiya Almira Adiprawira and Aisha Adriana Adiprawira. I start this blog back in 2009 to share my thoughts and also my traveling experiences. About life, family, work, fashion, food and things that i passionate most.

No comments:

Post a Comment