Jun 17, 2011

Belajar Surfing di Sukabumi

Udah ga inget lagi kapan saya terakhir berkunjung ke Pelabuhan Ratu, Sukabumi....lupa akan pantainya seperti apa, suasananya, tapi ada satu yang saya ingat, Nyi Roro Kidul-nya -_____- yak standard banget yah ingatannya hehehe...tapi seneng banget ketika liputan program MutuManikam (acara traveling di TV One yang sedang saya jalani) mengajak saya beraktivitas di pantai-pantai indah Sukabumi alias love earth ini Xp...

Ingatan saya lama-lama pulih ni pemirsa begitu sudah mulai memasuki jalan yang berkelok-kelok bangets menuju Pelabuhan Ratu, udah gelap ga ada lampu sama sekali..lewatin hutan-hutan, sedikit berkabut pula, wah  baek-baek "putih-putih" aja di ujung jalan hehe, tapi alhamdulilah nothing had appear hihihi..ckckck padahal jarak kota ini ga begitu jauh dari Jakarta, tapi rasanya seperti di pedalaman, listrik masuk desa ga merata, jalanan banyak banget yang rusak, ga heran lah kesenjangan ekonomi jadi kerasa banget antara anak perkotaan dan anak desa. and i also wondering begitu melewati rumah-rumah yang letaknya di pelosok ini deket sama hutan dan jalan yang gelap...kalo malam minggu mereka ngapain yah kira-kira?

Tempat nginep saya cukup deket dengan pantai-pantai bagus di Sukabumi, di daerah Cimaja, namanya itu adalah Ombak 7, tempatnya walaupun sederhana , enak, nyaman, dan gaya hotel nya "pantai" banget karena bentuknya berupa bungalow-bunglow gitu, dan yang paling aku suka hotel ini "Go Green" loh! tamu-tamunya di kasih peringatan untuk ga pake air banyak-banyak untuk mandi, karena memang kalo deket pantai air tawar itu berharga bangetss..tapi..ada tapinya ni, pondokan ini ternyata bukan milik orang lokal tapi punya orang jerman! jiahhh pantesan.......

Pantai Cimaja

liputan dimulai dengan ambil gambar saya melakukan gerakan-gerakan surfing terlebih dahulu, jujur sebenernya saya parno banget ngelakuin hal ini karena waktu liburan ke Dreamland Bali, saya iseng-iseng cobain bodyboard, karena ga ada pengalaman dan posisi salah walhasil saya kegulung ombak 2 kali !! dan bibir saya lecet karena "nyium" dasar laut yang berpasir, berbekal pengalaman tersebut saya jadi bener-bener takut untuk coba surfing, but the show must go on jadi we'll see aja lah..

kita janjian sama si beach boy Bina di pantai ini...begitu saya sampai dan liat ombak-ombak pantai ini, langsung mulut saya rasanya berbusa dan mau pingsan aja deh...ombaknya itu loh tinggi-tinggi banget! udah banyak beberapa orang lokal dan bule-bule surfing dengan asiknya, haduh saya boleh ga si liat mereka surfing aja...hehe...tapi alhamdulilahh banget ternyata kata Bina kalo untuk belajar surfing ga disini tapi di pantai satu lagi !yeay ga jadi pingsan !

Sunset Beach

nah ini pantai yang paling deket dengan hotel saya, deburan ombaknya lebih tenang, pemandangannya juga bagus karena dikelilingin bukit bukit hijau yang indah :), wah saya langsung pede untuk belajar surfing kalo suasana nya seperti ini, pertama-tama ambil surf board yang gede banget melebihi badan saya tapi memang kalo belajar surfing harus pake papan besar ini karena kata bina the beach boy akan mudah untuk keseimbangan saya di laut pas belajar surfing, plus dia kasih warning kalo nanti di laut mau jatuh dari papan surfing, langsung buang badan aja ke sampin kanan atau kiri jangan ke depan atau ke belakang karena bisa kejedot sama papan surfinngnya nanti ;p  yak setelah belajar gaya-gaya surfing nya di pantai, let's hit the sea ! masih gugup awalnya tapi karena Bina ini adalah anak yang baik sekali dan sabar dia kasih instruksi juga jelas banget, akhirnya walaupun jantung berdegup kencang dan kaki gemeteran, my first trial was success !! berhasil berdiri ala ala surfer selama 7 detik kali ya, abis itu jatuh nyebur ke laut deh hihihi

Step 1 : Masih Malu-Malu

Step 2 : Mulai Fokus Ngikutin

Step 3 : Belajar Mendayung Surf Board

Step 4 : Pemanasan dulu ! penting bir ga kram :)

Step 5 : This is it ! liat ombaknya mau deket ><

Step 6 : Ups Gagal !! :(
Step 7 : Yak Berhasil..Berhasil !!

udah mulai kesenengan ;p

mulai norak gayanya ;p

Pantai Pulau Muku

Perjalanan berlanjut ke pantai selanjutnya, setelah beberapa jam surfing di Sunset Beach, dengan tour guide gratisan kita, Bina The Beach Boy, kita melanjutkan perjalanan ke Pantai Pulau Muku ! perjalanannya agak jauh sekitar satu setengah jam dari Cimaja, daerah tempat saya menginap. Pemandangan yang saya lalui luar biasa indah nya ! jalanananya menanjak seperti naik naik ke puncak gunung hehe, naik turun berkelok-kelok...sampai akhirnya jarak pandang mata akhirnya bisa terbebas dari rumah penduduk yang sesak serta pohon-pohon tinggi...there i saw a very beautiful scenery, dimana lembah gunung nan hijau yang melandai sampai ke bawah bertemu dengan tepian laut dengan pasir putih yang indah ! perfect !. Suasana di Pantai Pulau Muku tidak berbeda jauh dari Sunset beach tetap indah namun terdapat beberapa karan-karang di sekitarnya and of course tetap dikelilingi bukit-bukit hijau yang cantik, begitu mau mulai surfing disana saya langsung gugup lagi karena melihat ombak yang sudah semakin besar, kebetulan udah mulai sore juga, jadi air makin pasang, beginilah nasib host traveling kadang susah kadang senang ! untung aja beberapa saat saya sudah tambah jatoh-jatoh karena kaki pun udah lemes dan badan capek, hujan turun tiba-tiba...yak bubaar - bubar ! emang udah hampir maghrib juga...mungkin sang Nyai Ratu Laut udah warning kita untuk segera menjauh dari laut...hehe

Pantai Sawarna

Nah ini dia pantai yang terkenal indah dan salah satu favorit wisatawan, karena memang begitu saya sampai sana, banyak banget mobil-mobil ber-plat B parkir di jalan masuk yang kecil menuju kawasan wisata Pantai Sawarna. Ternyata akses jalan menuju pantai ini ga bisa dilalui mobil, jadi sebelum kita masuk ke jalan kecil itu, kita harus parkir mobil dulu di tempat-tempat yang telah disediakan penduduk setempat, dan di mulut jalan kecil ini juga ada retribusi nya sekitar Rp. 2000, buat yang males jalan menuju pantai nya karena emang agak jauh tersedia layanan antar jemput by ojek ! hehe...

Setelah melewati perkampungan yang kalo saya perhatiin sudah banyak juga yang berbenah , merenovasi rumah mereka untuk dijadiin Homestay :), such a nice business idea i guess, dan terbukti laku! karena memang ga banyak penginapan yang jaraknya dekat dengan pantai ini. Pemandangan yang disajikan di Pantai ini memang indah banget!! pasirnya putih, debur ombaknya kalo kena sinar matahari kaya berlian berkilau-kilau...cukup tinggi juga loh ombak disini, tapi kok para surfernya nihil ? oh kata Bina , surfer-surfer tersebut ada di belahan kiri pantai ini karena disitu ombaknya lebih tinggi.

Beuh,,,begitu sampe ke tempat yang dituju ini mah bahaya banget yah saya pikir....karena tepian pantai ini dihiasi oleh karang-karang yang terjal dan bahay banget kalo sampe ke giring ombak membentur karang-karang tersebut...tapi memang yah namanya juga bule nekad bener, plus juga surfer-surfer lokal yang memang udah pengalaman dan tau medan pantai ini teteup aja dihajar tuh ombak gede-gede dengan surf board mereka..memang kalo saya perhatiin ada tekniknya juga si untuk bisa sampe ke tengah laut tempat ombak tinggi menunggu dan aan dari zona batu karang...jadi mereka tau lah "jalan aman" nya tapi ga kebayang aja kalo tiba-tiba mereka kegulung ombak dan keseret sampe menghantam batu karang tersebut...ah ngeri ah ngebayanginnya..mendingan saya liat kelihaian bule-bule ini surfing !! nah akhirnya saya bisa mengeluarkan bakat saya yaitu diam, duduk manis dan nonton!!! tinggal kurang pop corn dan soda aja ni hehehee....

Lesson Learned :

1.) Bulan Mei samapi Oktober adalah bulan yang baik untuk Surfing karena ketinggian ombaknya lagi stabil, waktu yang pas untuk surfing itu pagi hari sampe kira-kira jam 11an, kalo udah jam 12 atau 1 siang ombaknya udah ga enak plus panas bok !!

2.) Banyak penginepan murmer di daerah Cimaja Sukabumi dan tempatnya enak banyak makanan juga, jadi mendingan stay disitu terus hop on hop off from coast to coast !

3.) Bertemanlah dengan para Beach Boys Sukabumi ini...selain mereka ramah, baik hati serta tidak sombong, they could lead us the way to some of hidden beaches or shortcut to our beach destination, mereka bisa cerita banyak hal ke kita tentang Surfer Life atau gosip-gosip lokal yang beredar disitu..seru juga ngedengerin yang mereka ceritain, maklum lah orang sunda teh suka cerita pisan alias cerewet..hehe plus mereka bisa rekomen kuliner yang seru dan nikmat tentunyah !

basically..just enjoy your lesson ! :D
Putri Dwiandari

Hai Friends, welcome to my blog! i'm a Moslem, a happily married, and a mom of two daughter named Asiya Almira Adiprawira and Aisha Adriana Adiprawira. I start this blog back in 2009 to share my thoughts and also my traveling experiences. About life, family, work, fashion, food and things that i passionate most.

1 comment:

1. jadi pingin,,,kemaren cuma nonton doangg di cimaja...gampang ya kak??kok sekali diajarin langsung bisa