Jul 5, 2011

The Amazing Grand Canyon and The Historic Route 66

Perjalanan mengelilingi kota Arizona berlanjut ke top list tempat wisata saya yaitu Grand Canyon ! sebuah ngarai tebing terjal yang diukir jutaan tahun oleh sungai colorado di utara Arizona, sebagain besar terletak di Taman Nasional Grand Canyon salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat  ! wah membayangkan saya berada disitu lagi sambil menulis blog ini aja udah ngebuat saya merinding ! it is indeed one of the 7 wonders of the world!


Saya meninggalkan beserta suami meninggalkan Boulder City tempat kami menginap satu malam karena macet hehe pagi-pagi sekali bahkan matahari belum terbit ! soalnya takut kena macet lagi, jadi lebih baik mencegah daripada merasakannya bukann..;p. Masya Allah pemandangan yang menemani perjalanan pagi-pagi buta saya indah banget, udara dingin yang segar di tambah si matahari yang masih malu-malu untuk terbit di balik awan-awan yang berwana jingga ke orange. bukit-bukit batu dan tanaman-tanaman kaktus besar berjajar dengan manis di pinggir kanan dan kiri jalan tol yang saya lalui. Ga bikin ngantuk deh walaupun jalanannya lurus-lurus aja, terlalu sayang untuk tidur dan melewatkan momen sunrise di balik gunung yang akan segera terjadi di depan mata !









Walaupun sudah musim semi tapi saya masih bisa melihat sisa-sisa salju yang nempel di rumput-rumput kiri dan kanan jalan, hihihi emang dasar yah seumur-umur saya tuh belum pernah megang salju dan sangat desperate pengen pegang, walhasil dengan modal nekat, kita berhenti di pinggir jalan tol, di tempat yang rumpu-rumputnya masih lumayan banyak saljunya. Saya buru-buru turun megang salju yang ternyata masih lembut dan ga begitu keras, main-main salju dikit (norak banget deh pokoknya :p) terus dengan terburu-buru tancap gas lagi takut ada polisi yang lewat karena  kita ga tau tuh boleh berhenti apa engga sebenernya hahahhaaa...








Grand Canyon National Park


Hurayyy setelah perjalanan yang cukup panjang, akhirnya saya melihat plang tanda masuk Grand Canyon National Park ! sedikit ngantri begitu masuk, rame banget turis turis yang dateng! harga masuk per mobil pribadi itu $25, ihiy dah ga sabar liat keindahan ngarai ini. 




Sebenernya ada parking lot yang lebih luas terus ke depan dekat visitor center nya tapi antrian kendaraan yang udah pada manis di parkir di pinggir kanan dan kiri jalan membuat saya berasumsi pasti parking lot tersebut udah penuh, jadi langsung cari spot aja yang kosong untuk parkir toh kita memang sudah berada di kawasan Grand Canyon nya.


Udara dingin yang sangat menusuk mengingatkan saya waktu nonton sunrise di puncak Gunung Bromo Jawa Timur, hidung saya sampe sakit ! tapi begitu melihat keindahan yang luar biasa dan nyata di depan mata, hilang semua rasa dingin itu !. Grand Canyon , ngarai yang juga mengukir sejarah bumi tercipta hampir sekitar 2000 tahun dengan panjangnya kira-kira 446 km, lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m akhirnya bisa saya saksikan!!! langsung deh tangan ga bisa berhenti untuk......foto-foto !!! Xp








Saya ga bisa berhenti untuk terbengong-bengong dan geleng-geleng kepala serta mendesiskan kata "ckckckckck" , sejauh mata memandang ukiran-ukiran alam dari ngarai yang sangat luas ini membuat speechless, disitu sayang juga makin merasakan kebesaran Allah SWT yang telah menciptakan sebuah dunia yang begitu indah untuk kita, manusia.....


Tapi ada satu hal yang saya cari-cari ga ada, yaitu view point yang dibuat di tepi tebing dengan lantai kaca agar kita bisa meilhat dasar ngarai dari bawah kaki kita (serem juga si tapi hihhi) ternyata setelah nanya-nanya view point itu terdapat di west rim di seberang tempat saya berada, view point saya bernama south rim oh ternyata ada dua toh visitor center nya. 


Di pinggir-pinggir tebing terdapat jalan setapak yang memandu kita untuk sampai ke  The Yavapai Point Museum,  sebuah view point yang dipilih oleh para scientist sebagai best representative view untuk melihat Geologi Grand Canyon. sebenernya pada awal tahun 90-an terdapat banyak tempat yang diajuin tapi akhirnya para ilmuwan tersebut menetapkan tempat ini sebagai one of the grandest view on earth, dan saya juga melihat view disini memang benar-benar spektakuler !










Kita bisa menikmati pemandangannya plus tahu sedikit sejarah-sejarah tentang Grand Canyon dari setiap diorama dan penjelasan yang tersedia, sangat informatif dan menarik loh bagi yang suka dengan mempelajari Geology Bumi :) ,plus sekalian menghangatkan tubuh dan beli-beli souvenir juga dong ! hehehe..
Menurut penjelasan yang saya baca, Grand View Point hari ini tergolong bagus, visibility atau jarak pandang mata ke seluruh bagian Grand Canyon jelas dan tidak berkabut ! karena disitu digambarkan kalo lagi ga bagus, ngarai-ngarai Grand Canyon tersebut seperti blur atau tertutup kabut putih gitu, yiipiyyyy what a lovely and lucky day for me :)


Flagstaff, AZ
Setelah mata saya puas disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah, perjalanan kembali dilanjutkan menuju kota Tempe, kota tersebut adalah kota tujuan akhir kami di Arizona, tapi sebelum sampai di kota tersebut, saya melewati beberapa kota kecil yang menarik untuk disinggahi sebentar yaitu Flagstaff dan Sedona. Jaraknya cukup dekat dengan Grand Canyon National Park, sekitar 120km, hanya 1 jam setengah perjalanan kok, nah kalo mau lanjutin ke kota Sedona, tambahin aja deh sejam perjalanan lagi, deket kaannn :), 


Mungkin ada dari kamu yang ga asing ni denger nama kota Flagstaff, kota ini memang terkenal banget sebagai tempat tujuan turis dari pertengahan abad 19 karena selain jaraknya deket sama Grand Canyon National Park, tempat ini juga mempunyai keindahan alam yang indah banget. Ada Oak Creek Canyon tempat syuting terkenal untuk lebih dari 100 Western Movies di tahun 1940-1950-an, ada Meteor Carter yang keren banget, tempat jatuhnya meteor ! tapi sayang saya ga sempet singgah ke tempat-tempat tersebut :(


Kalo kamu sudah pernah liat film kartun CARS, ada kota fiksi namanya radiator spring dimana Sally Carrera (pacarnya si pemeran utama Lighting Mcqueen) tinggal, dan disitu juga disebut-sebut sebuah historic route namanya Route 66! kalo ini beneran ada di Flagstaff :), nah saya sempet ngelewatin the Famous Route 66 itu tuh atau yang juga dikenal sebagai Main Street of America (liat plang nya si ga masuk ke rute nya hehehe),nah kenapa rute ini terkenal dulu, karena rute yang dibangun dari tahun 1928 dapat menghubungkan kota Chicago, Illinois, melewati Missouri, Kansas, Oklahoma, Texas, New Mexico, Arizona, California dan berakhir di Los Angeles, panjangnya sekitar 3.940 km !! 


Sekarang rute itu tinggal sebuah sejarah, karena kalo kita mau roadtrip pasti udah menggunakan US highway interstate system (jalan tol nya ibaratnya) karena lebih cepet jadi ga menggunakan rute 66 itu lagi deh...









Putri Dwiandari
Putri Dwiandari

Hai Friends, welcome to my blog! i'm a Moslem, a happily married, and a mom of two daughter named Asiya Almira Adiprawira and Aisha Adriana Adiprawira. I start this blog back in 2009 to share my thoughts and also my traveling experiences. About life, family, work, fashion, food and things that i passionate most.

No comments:

Post a Comment