Jan 3, 2014

Mendadak Monas !





25 December 2013....

Sedikit flashback yaa ke masa lalu hehe which is masih 9 hari lalu juga sik...ketika umat nasrani merayakan hari natal....pagi hari saya, suami dan anak saya, asiya masih bersantai-santai di rumah bersama ibu dan bapak mertua yang baru saja tiba.

Seketika suami saya nyeletuk..."eh kita ke MONAS yuk! sekalian ke kota tua gitu..udah lama gak kesana..ciya (panggilan anak saya) kan belum pernah liat MONAS!". Wihh..boleh juga tuh ide yang bagus di saat "mati-gaya" alias gak tau mau ngapain..pilihan standar tadinya mau jalan-jalan & makan siang di mol ajah. Karena jam menunjukan waktu "nanggung" jadi kita berangkat sehabis solat dzuhur. Sepanjang perjalanan saya ngebatin...MONAS? gimana sih dalemnya sekarang..hmm udah lama juga ya ga kesana, selama ini lebih sering ngelewatin aja dan cukup tahu masih ada kok MONAS berdiri dengan megah di tempatnya :P, tapi terakhir kali masuk ke area monas-nya sih ga tau deh kapan.

Ketika masuk parkiran kita langsung disambut sama jajanan kaki lima, yep tipikal tempat-tempat wisata pada umumnya di Indonesia ga bisa lepas dari kaki lima, ee tapi kok saya ngiler ya liat jajanan-jajanan tersebut, pengen nyobain semua rasanya..tapi tiba-tiba langsung keinget sama tayangan-tayangan di tv tentang "curang"nya para pedagang kaki lima menjual barang dagangannya hiiii jadi ngeri sendiri deh.

Alhamdulilah cuaca hari itu sangat enak untuk jalan-jalan outdoor dan saya gak nyangka ternyata rame juga yang mengunjungi kawasan MONAS ini kirain udah ga laku hehe...awal-awal rasanya seperti masuk ke taman besar yang rindang, rapi dan sejuk..ala-ala taman-taman besar di luar negeri gitu..hehe tapi bener-bener cuma sesaat kok rasanya..karena gak berapa lama ada pedagang yang nawarin tiker buat ngampar di bawah pohon :p (aduh mas lamunan saya jadi buyar deh hehe), piknik di taman bersama keluarga? ah terdengar sangat manis..tapi ga manis lagi deh ketika melihat sampah-sampah bekas makanan & minuman dibuang sembarangan dan ditinggalin gitu aja ;(( people please !!

Tapi tetap saja perasaan saya kala itu bener-bener excited hihi kaya anak kecil yang diajak ke taman bermain oleh orang tuanya...saya ga sabar lihat beraneka ragam "pemandangan" yang ditawarkan! a very festive scenery, karena memang lagi lumayan rame hiruk pikuk pengunjung. Dari jauh saya melihat ada kerumunan orang-orang yang terlihat serius dan mengeluarkan kamera hp nya untuk foto-foto..apa sih yang bikin heboh?? langsung saya bergegas gabung di kerumunan itu dan ternyata semacam pertunjukan debus/kuda lumping!, sebuah kesenian tradisional Jawa yang hampir-hampir punah juga nih...kayanya sudah daritadi pertunjukannya dimulai, saya gak tau mereka ngapain aja awalnya tapi pas saya lihat ada anak kecil yang dibalut kain pocong, lagi mau diiket dan sepertinya mau dipecut pake cambuk yang gede dan panjang banget !...nah loh..kok kesenian kuda lumping kaya gini ya? ditambah-tambahin hal yang mistis2 gitu...ahh langsung males liatnya...melipir aja deh nanti anak saya yang masih 14 bulan ini ngeliat hal yang tidak patut dilihat lagi :(



Sambil masih mencari jalan menuju tugu MONAS nya, saya sangat tertarik dan memperhatikan setiap jenis jualan-jualan para pedagang kaki lima ini yang suprisingly "kreatif" ! emang yaaa orang indonesia itu ada aja akalnya kalo soal jualan barang. Hal yang pertama membuat saya tertarik tentunya adalah merchandise atau sovenir miniatur tugu MONAS. Sebagai kolektor sovenir dari tempat-tempat yang sudah saya kunjungi (maklum ya ni ibu yg satu ini sekarang hobinya ngumpulin magnet kulkas dan pajangan-pajangan gitu :p ) saya merasa wajib hukumnya punya sovenir miniatur MONAS, masa udah pernah ke negara &kota-kota tetangga, sovenir miniatur ikon kota tempat saya dilahirkan ini gak punya! hehe tapi sayang ga ada yang kece bentuknya..dari segi warna dan desain kurang berkualitas (masa tugu monas nya warna cokelat dan desainnya digabungkan dengan asbak rokok, kuno sekali modelnya Xp ) ada juga gantungan kunci tugu monas warna-warni, itu pun biasa banget. sayang sekali padahal menurut sovenir tempat wisata umum itu sangat penting loh digarap dengan serius apalagi ini merupakan ikon kota Jakarta, layakanya menara eiffel di Paris, Perancis; MONAS juga harus menjadi kebanggaan kita sebagai warga Jakarta..ya gak? nantinya kan para turis asing itu dapat membawa sovenir miniatur MONAS ini ke negaranya dan kota Jakarta bisa sekalian ikut lebih terkenal lagi di luar negeri :)



bermacam dagangan kaki lima, dari mulai makanan, mainan, buku anak, kaos sampe korek api bentuk "human-parts" (hiii) 
Oke back to the story...lalu saya tertarik deh tu untuk mengambil 1 miniatur monas yang warnanya putih bersih persis sekali dengan aslinya, saya pikir oke deh ambil yang ini aja paling bagus biar koleksi di rumah lengkap tentu soal harga tetap terjadi tawar-menawar, yang akhirnya jatuh di harga Rp.50.000 (masaaaa yaa tadinya 150rebuuu mahal tapi kualitasnya juga standard abesss!!). Dari semua dagangan kaki lima yang satu per satu saya perhatikan...saya penasaran sama tenda-tenda kecih warna-warni dan diisi beberapa bola-bola plastik berukuran sedang. setelah lebih diperhatikan lagi...ternyata oh ternyata pemirsa..itu layaknya kolam bola di playground mall-mall gitu...kolam bola rasa kaki lima ini judulnya hihihi "kreatif-kreatif" sekali kan para pedagang ini..:)



Karena saya juga mulai mengkoleksi kaos-kaos sovenir dari berbagai macam kota, itu loh yang tulisan di kaosnya ada gambar love-love nyah hehe misalnya I Love HK, i love NY, i love Bali, i love MY,dll. Nah kurang afdol juga ni rasanya kalo belum punya t-shirt yang tulisannya I love Jakarta! sekalian juga bapak mertua dibeliin kaos gambar Soekarno dan buat asiya & ponakan yang masih balita ada kaos satu set dengan celana yang gambarnya ondel-ondel dan tugu MONAS lucu deh pemirsa dan murah meriah, hehe (hmmm lama-lama belum sampe MONAS,belanjaannya malah sudah numpuk nih :p )

"Itu tuh MONA-nya, wah bapak sudah lama banget sih ga kesini pangling sama tempatnya" kata Bapak mertuaku, beliau apalagi udah lama banget ga ke MONAS, di usianya yang sudah menginjak 74 tahun ini pastinya membuat beliau sudah capek untuk pergi-pergi jauh. Wih hati ini seneng juga lihat tugu yang satu ini, masih berdiri dengan kokoh & kuat, diterpa zaman dan era yang terus berganti. Agenda disini pastinya untuk asiya, yaitu adalah "Naik Delman" ! yeayy this is Asiya's 2nd time to ride a delman, first attempt-nya waktu itu di kampung suami, kuningan, cirebon, jawa barat, hasilnya ciya takut naik delman & gak mau duduk didepan sama ayahnya maunya sama bundanya aja. Ehhhhh di percobaan yang kedua ini dia semangat banget! liat kudanya aja udah seneng pas naik lebih seneng lagiii..! sudah mulai familiar rupanya sama delman :)

foto keluarga dulu ya depan Monas :)

bayar sukarela ya kalo mau foto sama ondel-ondel ini (ssttt ada orangnya loh di dalem hihi)


Aki & Asiya

Nini, Asiya, Bunda ( selalu deh susah kalo diajak foto hehe ga mau liat camera ni ciya :p )

Pose bareng kuda delman :)
Asiya tertarik sama mainan-mainan ini akhirnya bawa pulang 1 deh hehehe

Sementara itu bunda-nya masih tetep ngiler ngeliat jajanan-jajanan kaki lima ini, aduh pengen banget jajan!! dari mulai siomai, soto-soto-an, mie ayam, mie bakso, batagor, nasi rames, otak-otak !! aduh sayang ngiler banget nyium bau otak-otaknya inih! dicocol pake sambel kacangnya pasti endesss bangetsss Xp ! tapii akhirnya pilihan jatuh kepada kerak telor (yes akhirnya jajan!, karena diponten bersih dan layak makan sama suami hihihi) selain itu mertua juga mau nyobain kaya apa rasanya ya, karena mereka udah lama juga ga nyobain kuliner khas betawi yang satu ini, walaupun ujung-ujungnya cuma seicip-dua icip alias ternyata ga doyan, saya dengan senang hati menghabisakannya :)

Pas sekali ketika kita keluar area wisata tugu MONAS, adzan ashar berkumandang...alhamdulilahh....ahh mengingat persis di seberang terdapat masjid terbesar se-Asia Tenggara, yakni Masjid Istiqlal, rasanya sayang kalau tidak menyempatkan solat ashar disana :). saya pun lupa kapan terakhir menginjakan kaki ke Masjid yang bisa menampung hingga dua ratus ribu jemaah ini..apa jangan-jangan saya justru belum pernah sama sekali kesini ?!? upsss gak tau lupa banget! oo ia ada kejadian lucu juga disini ketika selesai solat mamah mertua dan saya kebelet pipis ni ceritanya, lalu pas kita ke toilet ternyata toiletnya rame banget! waduh mana udah kebelet harus pipis disitu lah pokoknya! so we decide to que the line...tapi udah hampir 30 menit orang di dalem kamar mandi gak keluar-keluar juga padahal di depan saya aja masih ada beberapa orang lagi yang nunggu gilitan masuk untung nampaknya mereka sekeluarga jadi masih bisa bareng-bareng masuknya. nah si ibu yang lagi di dalem toilet itu ternyata mandi pemirsa ! ya ampunn pantesan ni antrian ga gerak-gerak!, lalu kami meminta izin kepada ibu yang terlihat mau mandi juga dia ada di barisan paling depan, kami mohon untuk diizinkan pipis sebentar aja, karena kalo nunggu dia mandi lagi kelamaaannn.

hahahaha tapi lucunya dasar ya orang indonesia itu memang susaaahh banget displin ikutin aturan dan kesepakatan yang sudah disetujui, begitu pintu toilet dibuka langsung deh tu ibu yang paling depan kamar mandi nyelongong  masuk ke dalem sambil ditarik tangannya juga oleh temannya, lalu buru-buru dikunci lagi toiletnya...loh loh loh langsung saya kesel dong, saya ketok-ketok lagi aja tu pintu toilet dan bilang kalo saya bener haanya ingin pipis! kasian mamah saya! begitu pintu dibuka saya langsung di tarik masuk dan jadilah kita berempat di dalam toilet dengan dua orang mandi dan dua orangnya lagi pipis (baca : saya & mertua -____-" ) ehmm kejadian yang anehhhhh... Xp

Hari belum habis sampai di MONAS...kami sepakat lanjut perjalananan ke KOTA TUA  !! saya lebih excited lagi karena unsur-unsur bangunan lama bekas belanda lebih kerasa disana...i'm so into this city cruise ! see...liburan singkat bareng keluarga ga melulu harus ngemall dan go to somewhere fancy kan??...menikmati tempat-tempat bersejarah di ibukota sendiri bisa juga loh...kalo kita lebih mengenal kota sendiri kita bisa jadi lebih mencintai kota ini..dengan mencintai berarti kita mau merawat &memberikan kasih sayang..contohnya sesimple buang sampah pada tempatnya...kalo kota kita bersih, asri dan sejuk yang menikmati kita-kita juga toh?!

#ilovemycity #jakarta #indonesia #maju !!!!

Wassalammualaikum wr.wb

Putri Dwiandari











Putri Dwiandari
Putri Dwiandari

Hai Friends, welcome to my blog! i'm a Moslem, a happily married, and a mom of two daughter named Asiya Almira Adiprawira and Aisha Adriana Adiprawira. I start this blog back in 2009 to share my thoughts and also my traveling experiences. About life, family, work, fashion, food and things that i passionate most.

No comments:

Post a Comment