Feb 18, 2015

a Series of Journey

Jakarta adalah kota tempat saya lahir, tinggal, tumbuh, berkembang, sekolah, kerja sampai married ;), enggak pernah saya mempunyai kehidupan di kota lain selain Jakarta, kota metropolitan yang riweh, padet , berpolusi, banyak mall dan makanan-makanan yang enak ini hehe...(ada plus ada minus dong). dari TK-SMP saya cuma muter-muter aja sekolah di daerah tebet terus, SMA jauh dikit ke setiabudi, Kuliah makin jauh si di Tangerang ups berarti udah di luar Jakarta ya tuh ;p. Engga pernah ngerasain sekolah, homestay atau jalan-jalan ke luar negeri semasa kecil sampe kuliah. buta lah sama dunia nyata internasional taunya domestik aja, paling jalan-jalannya sama gambar-gambar bergerak alias nonton saluran-saluran travel di tv, liat peta dunia, bolak balik baca serial buku ensiklopedia negara-negara dunia yang banyak gambarnya di rumah nenek, dan lain-lain yang sifatnya secara tidak langsung "traveling" sih tapi hanya di khayalan hehehe...

tapi alhamdulilah tahun 2007 saya diberi kesempatan untuk melihat dunia yang sebelumnya hanya ada di angan-angan saya tersebut, setelah beberapa bulan saya ikut kegiatan mahasiswa di kampus saya yaitu tari tradisional nya, ternyata saya dapet kesempatan untuk menjadi bagian tim penari mewakili kampus saya untuk mengikuti International Folklore Festival di Jerman yang juga diikuti oleh berbagai negara-negara Uni-Eropa!. setelah festival berakhir kami sempat melanjutkan perjalan ke negara-negara sekitar seperti Belanda, Belgia dan Prancis :).





Setelah pengalaman tersebut definisi saya tentang traveling berubah total, buat saya traveling bukan sekedar jalan-jalan, berpindah lokasi, foto-foto di icon-icon kotanya, liat pemandangan bagus, makanan lokal, atau umumnya membeli cinderamata khas kota tersebut, no it is more than that !

bacalah judul diatas , kalimat tersebut adalah salah satu dari definisi travel dalam bahasa inggris dari sekian banyak definisi yang ada di kamus, menurut saya kalimatnya "catchy" dan punya makna lebih dari sekedar perjalanan. mengapa ? karena menurut saya ketika kita sedang traveling, kita juga sedang menjalani sebuah proses , step by step dimana kita akan mengenal lingkungan baru, culture baru, habit baru, orang-orang baru dalam perjalanan kita :), and that's the beauty of it !

untuk itu selalu buka mata! aware dengan segala macam jenis kejadian demi kejadian yang kita rasakan ketika sedang traveling, dari mulai pengalaman yang menyenangkan sampai menyusahkan :D semua akan menjadi rekaman perjalanan yang berkesan. berdasarkan pengalaman saya ketika mengikuti International Folklore Festival tersebut, saya cenderung mengamati apa yang sama dan membandingkan sesuatu yang ada di negar saya dengan negara yang saya kunjungi.

contohnya, walaupun terlihat biasa saja, tapi setiap kali saya mampir ke supermarket atau mini store lokal, saya suka mengamati barang-barang apa saja ya yang dijual disini, chiki2annya apa sih? biskuit2 yang dijual kaya gimana? produk-produknya ada apa aja ya...hihihi saya senang begitu melihat banyak barang yang aneh-aneh atau bahkan yang benar-benar ga ada di Indo, dan kalau memang halal saya beli deh :p hehe waktu itu saat di jerman saya inget betul, karena kelaperan dan belum sampai restoran terdekat ketika masih di perjalanan, saya beli semacam bolu cokelat yang enak banget , dan ketika itu tahun 2007 , di supermarket daerah jakarta masih jarang produk-produk kue bolu tapi dalam kemasan, sekarang udah banyakkkk bangett di jual hehe. dan yang terpenting menurut saya adalah dengan traveling kita bisa lebih dalam memaknai hidup, termasuk lebih bersyukur kepada Allah SWT , bahwa sungguh maha besar segala ciptaan-NYA dan dunia ini sangat luas ! we're just the small part of it... so stay low...stay humble.... :))


bukalah mata kemanapun kau pergi...
bukalah pikiran dan hati mu kemanapun kau melangkah...
bukalah pintu-pintu dunia !

quotes by Putri Dwiandari


*dari draft tulisan tahun 2010 yang belum sempat diposting









Putri Dwiandari
Putri Dwiandari

Hai Friends, welcome to my blog! i'm a Moslem, a happily married, and a mom of two daughter named Asiya Almira Adiprawira and Aisha Adriana Adiprawira. I start this blog back in 2009 to share my thoughts and also my traveling experiences. About life, family, work, fashion, food and things that i passionate most.

No comments:

Post a Comment