Jul 24, 2016

MUDIK 101 with KIDDOS

Assalamualaiakum wr wb

hello..hello..hello....mohon maaf lahir batin dear readers...! mumpung masih bulan syawal... hawa-hawa abis lebaran dan libur sekolah masih berasa banget yaa, apalagi anak saya yg sulung #KakakAsiya baru aja masuk sekolah hari ini :D. Anyway biar ga terlalu telat , di postingan ini aku pengen banget share persiapan mudik lebaran kemarin sekeluarga ke kampung ayah kresna di winduhaji kuningan jawa barat. Jujur banget ini juga pengalaman bunda nya mudik lebaran karena ga punya kampung hihihi, pengalaman pertama ayahnya juga mudik ke kampung halamannya bersama rombongan sirkus inih. so wajar lah ngebayangin mau mudik (lama pula 10 hari) bawa dua anak toddler dan masih ga paham medan di kampung seperti apa , lebih khawatirnya soal makan aja sih takut pada susah makan atau milih-milih makanan yang hasilnya bisa bikin badan sakit atau masuk angin karena kurang makan, dan nanti malah ga bisa hepi-hepi berlebaran bareng sodara kalo sakit...parno tingkat tinggi deh kalo udah mikirin anak :D

Akhirnya curhat dulu deh sama ibu sendiri, mengingat jam terbang beliau lebih banyak, apalagi dulu inget banget bapak suka ngajakin roadtrip ke kota-kota di jawa bahkan ke bali pernah juga naik mobil waktu masih pada kecil, nah ibu ngurusin 4 anak saat traveling aman-aman aja tuh, seinget ku it was a fun trip. untuk itu saya langsung minta jurus-jurus maut nya apa aja si yang perlu dibawa atau disiapkan terutama untuk koper anak-anak ketika mau mudik ataupun traveling dengan menggunakan mobil. nah di bawah ini sudah aku rangkum berdasarkan tips ibu saya yang di kombinasikan dengan tips dari saya sendiri untuk barang-barang bawaaan di koper & ransel anak-anak :

1.Koper & Ransel
Sedari kecil saya pengen mulai menanamkan tanggung jawab kepada anak-anak saya..jadi #KakakAsiya & #AdikAisha barang-barangnya di pack di koper masing-masing, they also have to choose apa aja baju yang mau dibawa sehingga mereka juga ikut belajar merapihkan barang mereka sendiri di koper. Untuk ransel aku juga bawa 1 ransel yang isinya obat-obatan yang biasa digunakan Asiya & Aisha, spare baju, popok, kosmetik Aisha & Asiya ( maksdnya telon, sikat gigi, cologne , sisir, segala cream diaper rash, lotion, dll )

2. Pakaian
sebisa mungkin bawa pakaian yang bahannya nyaman dan menyerap keringat serta model yang simple sehingga memudahkan anak bergerak..jangan yang susah di copot atau dipakai kaya legging yang terlalu ketat atau dress yang terlalu panjang untuk cewe karena bagi yang udah lulus potty training mereka akan minta pipis saat perjalanan dan kita mesti berhenti di toilet umum jadi make sure bajunya gampang di copot pake. bawa baju juga jangan kebanyakan apalagi kalo nginepnya di rumah keluarga sendiri, usahakan ada yang bisa di cuci baju nya biar saat pulang nanti ke rumah ga banyak tersisa baju kotor juga. untuk underwear boleh dilebihkan jumlahnya karena sering cepat kotor dan harus selalu terjaga kebersihan pakaian dalam anak kita. baju tidur atau baju santai juga jangan lupa dibawa karena kalo mudiknya lama kaya aku gini 10 hari pasti ada saat-saat pengennya pake baju santai di rumah , apalagi #KakakAsiya udah selalu milih bajunya sendiri jadi make sure baju-baju favoritnya yang dia sering pake harus dibawa. o ia karena jarak anak-anakku hanya beda dua tahun jadi aku juga banyak bawa baju kembaran biar keliatan kakak adek kalo lagi wisata di tempat umum. jadi gampang ngawasinnya ga takut ilang atau ketuker sama anak orang :D

3. Topi dan Jaket
cuaca di winduhaji kuningan kalo siang terik kalo malem masih dingin kaya di puncak jadi aku juga prepare bawa topi dan baju hangat biar ga masuk angin.

4. Handuk
karena nginepnya bukan di hotel jadi aku harus membawa handuk untuk anak-anak, pilih handuk yang lebar tapi tetep tipis supaya tidak memenuhi koper, lalu aku juga suka bawa handuk kecil untuk cadangan yang aku letakkan di ransel hand carry.

5. Buku Bacaan / Mainan Favorite
ini sebenernya penting ga penting hehe, karena terkadang anak-anak ketika liburan juga sudah sibuk explore keadaan sekitarnya, atau main sama sepupu-sepupunya, namun karena mudik saya lama, jadi pasti ada saat dimana mereka hanya di rumah aja dan tidak melakukan apa-apa so daripada ujung-ujungnya mau nonton tv, lebih baik baca buku cerita favoritnya :)

6. Peralatan Makan / Tempat Bekal
terkadang kalo lagi traveling , jam makan anak atau saat anak lapar suka berubah-ubah waktunya, yang tadinya on time jam 12 malah mundur atau maju. dan saat mereka sudah lapar ternyata kita sudah di mobil menuju tempat wisata...di jalan belum tentu ada restoran dan belum tentu bisa stop by untuk makan. so tetep biasakan bawa bekal anak, supaya kalo tiba-tiba anak minta makan kita sudah siap, dan mencegah anak crancky karena kelaperan :D

i think thats the essential part of things that i packed for mudik lebaran kemarin , kalo mau tau seperti apa detailnya lagi bisa langsung liat di vlog aku yaa di bawah ini yaa, semoga bermanfaat & happy traveling !

wassalamualaikum wr wb  :)












Putri Dwiandari
Putri Dwiandari

Hai Friends, welcome to my blog! i'm a Moslem, a happily married, and a mom of two daughter named Asiya Almira Adiprawira and Aisha Adriana Adiprawira. I start this blog back in 2009 to share my thoughts and also my traveling experiences. About life, family, work, fashion, food and things that i passionate most.

No comments:

Post a Comment