Nov 15, 2016

Short Weekend Gateway - Citra Cikopo Resort Puncak

Hello Wanderers Assalamualaikum !

kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya nginep di salah satu "old school" resort yang ada di puncak hihihi....nah untuk trip kali ini sebenernya saya merencakanannya sudah sebulan sebelumnya karena tujuan trip ini adalah dalam rangka ultah Asiya & Aisha yang saling berdekatan tanggal-nya akhir oktober lalu. nah research yang saya lakukan pertama-tama adalah : Menentukan tipe penginapan yang sesuai dengan kebutuhan.

liburan kali ini saya juga mengajak keluarga besar dari sisi saya yang terdiri dari dua orang adik, kakak , ibu & bapak , bude , dan mbah uti plus suster mbah uti karena sudah susah untuk jalan, oh dan plus mba-nya anak-anak :D. tadinya kami berencana mencari penginapan GLAMPING ( glamour camping ) yang lagi hits sekarang ini , tapi begitu di telpon beberapa tempat yang high recomended untuk wisata glamping ini di sekitar lembang dan bandung utara sudah fully booked sampai akhir tahun, ada yang kosong tapi weekdays. intinya suasana penginapan yang kami inginkan tidak mau menyerupai kamar hotel pada umumnya melainkan mencari yang 1 cottage atau tent bisa ramai-ramai semua masuk disitu, biar lebih berasa quality time nya kalo bisa ada dapur sendiri juga, biasanya ibu dan mbah uti saya suka bawa makanan sendiri dan kita pun berencana untuk bbq night malamnya jadi benar-benar mencari tempat yang bisa mengakomodir itinerary kita itu. penentuan tanggal keberangkatan juga rada ribet hihi, karena suami saya saking ga mau kena macet nya, nyari-nyari hari dan lokasi yang pas biar traffic pas kita berangkat tidak terlalu padat. pertimbangannya kalo berangkat sabtu-minggu ke lembang pasti macet banget , kalo jumat-sabtu ke lembang masih oke tapi berarti beberapa orang mesti cuti kerja, akhiranya karena beberapa penginapan berkonsep glamping atau semacam cottage itu juga rata-rata gak available di tanggal yang kita mau, akhirnya memutuskan untuk ke puncak aja tapi weekend di tanggal 29-30 oktober 2016, dengan menginap di Citra Cikopo Resort Puncak, pas sekali dapet cottage mountain view dan ada fasilitas bbq nya juga :)

pada hari sabtu tanggal 29 oktober saya suami dan anak-anak sudah berangkat dari jam 9 pagi dari rumah, berharap tidak terlalu kena macet di jagorawi dan seterusnya, tapi tetep macet hiks terus biasa deh suami saya  yang rada ga sabar berharap mba google map bisa memberikan alternatif jalan yang lebih lowong, disuruhlah kita lewat sentul tapi akhirnya nyasar ke jalanan kampung yang belum jadi, lalu akhirnya minta dipandu oleh orang kampung situ untuk ke jalan alternatif lewat bukit pelangi sentul, agak kena palak lagi, padahal jarak mandu nya juga ga begitu jauh dari tempat kita nyasar langsung minta 100 ribu buat jasa nganterinnya ugh !

singkat cerita akhirnya sampai di resort citra cikopo itu jam 1 siang karena stop by sebentar di Warung Sate Shinta saking udah kelaperannya di jalan. alhamdulilah pas sampai sana melihat resort yang adem, asri dan sejuk jadi ilang rasa cape dan penat tadi, bahkan keluarga besar saya yang arah berangkatnya dari tebet dan lebih telat dari jam keberangkatan saya sampe duluan ! mereka lewat rute yang biasa aja ke puncaknya walau kena macet juga tapi tetep lebih cepet nyampenya ! KZL !


nah sekarang saya mau cerita kenapa resort ini "old school" banget, karena pertama dari sign hotelnya itu kalo dari luar keliatan banget kalo sudah "jadul" hihi kalo ga masuk ke dalam mungkin ga nyangka resort nya masih apik, bersih, terawat dengn baik, terus ketika check-in ibu saya sempat bilang bahwa dulu waktu masih kecil ternyata saya pernah diajak menginap disini, dan sepertinya dulu areanya ga seluas sekarang, ada penambahaan jenis-jenis cottagenya termasuk si cottage mountain view ini. wah dulu masih kecil kesini, sekarang bawa anak kecil yang mau ulang tahunan disini....hmmmm well,  that's lyfe... :D ! dan memang benar setelah nanya ke orang hotel nya, resort ini sudah berdiri sejak tahun 1997.


Kayanya resort ini memang sudah bergabung juga dengan Arion Group, salah satu grup perhotelan besar di indonesia, makanya suasana resort dan cottagenya cukup terawat dengan baik. Harga per malam nya pun cukup oke , Rp.2.200.000,-/ malam untuk cottage mountain view agak berbeda harganya dari yang di website http://www.citracikopohotel.com/index.php/prices karena waktu itu saya menelpon langsung dan mungkin lagi ada diskon juga hihihi.




oke lanjut review fasilitas cottagenya sedikit ya :

1. Kamar

cottage 3 kamar ini ternyata tidak sebesar yang dibayangan saya karena kalo lihat gambar di websitenya kayanya besar ruangan-ruangannya, taunya mungil-mungil hihi, untuk rombongan saya yang berjumlah 10 orang plus 2 anak kecil lumayan sempit jadinya, mungkin sebaiknya di website mereka dicantumkan ukuran kamar nya berapa x berapa, karena sewaktu saya nanya resepsionis soal kapasitas katanya bisa sampai 8 orang, saya pikir oke lah tinggal nambah extra bed aja nanti tapi ternyata, satu kamar bener-bener muat cuma 2 orang dewasa wakwawwww...untung susternya mbah uti saya bawa kasur lipat dan kamar dibawah masih sedikit lebih luas dari dua kamar diatas jadi , mba saya dengan suster mbah uti bisa bobo berduaan di kasur lipat itu, karena kamar bawah memang diperuntukan buat mbah uti dan bude saya. akhirnya nambah extra bed juga 1 buah seharga Rp.250.000 ,- tapi dapet kupon breakfast juga untuk 1 orang yeay !. di ruang tamu cottage ada 1 AC, tapi untuk ketiga kamarnya si ga ada yah waktu datang siang hari terasa agak panas di kamar lantai 2 , tapi begitu menjelang sore ke malam brr dingin ! udara gunung nya mulai kerasa AC pun ga perlu dinyalain lagi.

2. Dapur

Dapurnya juga mungil nih hihi, tapi ada kompor dan peralatannya untuk masak-masak sederhana, karena malamnya mau bbq-an , saya sudah bawa frozen fries untuk digoreng dan bumbu-bumbu bbq nya, sementara ibu saya yang hobi masak memasak , dia yang bawa semua ingridientsnya mulai dari daging, ikan, cumi dan udang yang sudah ditusuk-tusuk rapi dan dibumbuin tinggal dimasukin kulkas dulu dan dibakar deh nanti malam, nah sayangnya pas liat kulkas nya waduh kulkas 1 pintu yang mungil juga ! untung semua seafood dan daging-daging itu bisa masuk ke dalam kulkas kalo engga gagal deh mau bbq-an hihihi. o ia untuk gas kompornya juga di charge seharga Rp. 100.000,-.  dan sewa alat BBQ nya , arang, dan bumbu-bumbu untuk seafood seharga Rp.250.000,-.

3. Kamar Mandi

sangat disayangkan dan bikin paling kecewa adalah kamar mandi yang cuma satu hiks, walaupun agak besar dan bersih tapi memang sudah terlihat "jadul" juga tuh kamar mandi, wc nya agak goyang-goyang pula, jadi note paling penting nih "tambahkan kamar mandi di cottage family-nya" yang kata room service nya sih memang akan direnovasi lagi cottage tersebut untuk nambah kamar mandinya.

4. Pemandangan

gak kecewa puas banget ! benar-benar sesuai bayangan saya menghadap ke gunung salak yang indah dan karena sempat hujan terus cerah kita juga sempet kebagian melihat pelangi di sekitar gunung ! ahh indahnya anak-anak kesenengan liat pelangi untuk pertama kalinya :). suasana asri resort juga enak dan nyaman banget apalagi ada mini "traditional" playground di beberapa sudut resort, kenapa saya bilang traditional, karena permainannnya semacam ayunan dan jungkit-jungkit aja hehe tapi anak-anak juga seneng ga mau berhenti main ayunan XD.

5. Makanan & Room Service

well i have to say kalau soal makanan sih biasa aja yah tapi enak-enak aja lah buat sarapan doang, bubur ayam nya yang paling yummy ! kalo room service nya saya suka sama akang-akang yang selalu siap menghadapi kebawelan saya minta ini itu hihihi baik-baik , sopan-sopan, helpful banget lah dengan segala kerempongan emak-emak inih hihihi.

overall acara short weekend gateaway bersama keluarga besar ini berjalan lancar, anak-anak pun seneng ultah nya berdua jadi rame dan seru karena kebanjiran hadiah-hadiah dari para grandparents,aunties dan uncle nya, dan most important thing adalah bisa menghabiskan quality time bersama keluarga di tempat wisata yang ga begitu jauh dari jakarta dengan alam yang sejuk dan suasana yang berbeda namun nyaman itu yang penting, nothing fancy :), apalagi saya bisa membawa mbah uti yang sudah tua dan sakit-sakitan , seneng banget rasanya melihat beliau happy dan sejenak terlepas dari rutinitas beliau yang kebanyakan di kamar kalo lagi di rumah.

oke sekian cerita dari saya kali ini semoga bermanfaat yaa reviewnya , i'll see you on the next trip !

wassalamualaikum wr wb








Putri Dwiandari
Putri Dwiandari

Hai Friends, welcome to my blog! i'm a Moslem, a happily married, and a mom of two daughter named Asiya Almira Adiprawira and Aisha Adriana Adiprawira. I start this blog back in 2009 to share my thoughts and also my traveling experiences. About life, family, work, fashion, food and things that i passionate most.

No comments:

Post a Comment