Jul 11, 2017

Menjadi Pejuang ASI (LAGI)

Assalamualaikum Wr.Wb 

Hellow Mommies :)

Alhamdulilah hari ini si anak bungsu saya tepat berusia 2 bulan yeay ! perjalanan masih panjang ya untuk meng(ASI)hi hehe, tapi buat si azka ini kayanya every little things saya bener-bener perhatiin banget deh..hmm maklum mungkin karena ini bayi lelaki ya jadi pengalamannya benar-benar berbeda dibanding waktu ngurusin kakak-kakaknya dulu, apalagi soal menyusui ! oke let's talk about it !

Menyusui adalah kata yang tidak asing buat saya, sejak anak nomer 1 niat dan persiapan untuk bisa memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan kalau bisa dilanjutkan sampai 2 tahun sesuai ajaran agama saya lakukan :). masih inget banget sewaktu hamil #KakakAsiya (Ciya) saya sampai ikutan kelas laktasi dari AIMI agar tahu seluk beluk tentang ASI dan menyusui itu sendiri. Hingga anak kedua #KakakAisha (Icah) alhamdulilah semua lulus ASI ekslusif dan terus menyusui hingga usia 2 tahun. 

Prosesnya sendiri ? wah jangan ditanya...ibu-ibu yang lain mungkin juga punya pengalaman yang luar biasa ketika menyusui anaknya. Bagi saya sendiri ini merupakan proses yang penuh tantangan sekaligus salah satu "life changing" moment juga. Secara fisik dari mulai puting susu yang lecet sampai sakit ketika anak nyusu, payudara bengkak akibat ada air ASI yang tersumbat sampe demam, begadang tiap malam karena mesti nyusuin anak, dan lain sebagainya. Kalau dipikir-pikir bayi sampai 6 bulan bisa bertahan hidup ya karena ASI dari ibunya aja gitu, Masya Allah ! jadi secara mental juga ada yang diuji kesabaran dan keikhlasan kita untuk konsisten menyusui, and with all that struggles pantaslah ibu yang sedang menyusui itu bisa diibaratkan sedang "berjuang" , makanya banyak yang bilang kita ini pejuang ASI kali ya hehehe....


dimana pun kapan pun selalu pake apron siap sedia nyusuin azka :D

Bagaimana dengan pengalaman saya saat ini menyusui bayi lelaki? wah ternyata jauh beda yaa sama nyusuin bayi perempuan hihihi benar yang dibilang teman-teman saya yang punya bayi lelaki, jenis kelamin ini cenderung menyusu lebih gragas alias rakus yaa ๐Ÿ˜„ ketika baru lahir masih ga terlalu intense nyusuinnya, mungkin karena Azka sempet kuning dan skor nya tinggi sampai 20 jadi dia keseringan tidur dan males nyusu, sementara produksi ASI saya awal-awal sudah deres jadi diibantu dengan pompa ASI biar gak kebuang-buang. Nah berbicara soal pompa ASI ini juga bisa menjadi topik diskusi yang panjang antar ibu-ibu yah hehe, kalau saya dari anak pertama selalu pakai pakai 2 pompa, 1 elektrik 1 manual. Kenapa ? karena sewaktu-waktu sedang berpergian dan susah ada sumber listrik , ya jadi bawa pompa manual aja. Tapi karena saya kebiasaan pake pompa electric dan sudah keburu nyaman tinggal pencet dan keluar deh tuh ASI, ketika memakai pompa manual saya jadi cukup parno untuk mencet-mencet sendiri hehe takut ngilu atau sakit karena kadang kita ga berani untuk mencet terlalu kenceng apalagi kalo lagi "banyak isinya".

Sekarang Azka nyusuinnya kuat banget hampir tiap jam haus, kalo Azka udah bisa ngomong kayanya dia akan bilang "gimme more...gimme more mom!" ๐Ÿ˜‹ jadi saya juga mesti rajin mompa untuk memperbanyak stok ASIP (ASI Perah) dan biar ASI nya juga tambah deras, terkadang setiap direct breastfeeding atau saat mompa kerasa deh tuh si LDR alias let down reflex, ASI keluar sendiri di payudara yg sedang tidak disusui sehingga tetesan-tetesan ASI suka banyak keluar juga dan kebuang-buang huhuhu.....


Silicone Breast Pump @mooimom.id

Nah, alhamdulilah ni saya nemu produk Silicon Breast Pump dari mooimom yang bisa menampung ASI tersebut , manual breast pump yang praktis dan mudah sekali pemakaiannya sehingga ASI jadi ga kebuang-buang lagi deh, sangat aman di kulit terutama area yang sensitif ga sakit kaya breast pump manual lain karena itu dia tadi bahannya dari silikon, dipanasin dan di sterilin juga ga masalah dan yang saya suka juga desainnya kecil dan sederhana gak makan tempat jadi bisa langsung dibawa di dalem tas pergi kita. Yeay tambah semangat deh menyusuinya karena dibantu produk ini...semoga cerita saya kali ini dan review produknya bermanfaat ya moms, selamat mencoba and happy breastfeeding ๐Ÿ’•๐Ÿ’•semangat !!!

Love, 

Putri Dwiandari

Putri Dwiandari
Putri Dwiandari

Hai Friends, welcome to my blog! i'm a Moslem, a happily married, and a mom of two daughter named Asiya Almira Adiprawira and Aisha Adriana Adiprawira. I start this blog back in 2009 to share my thoughts and also my traveling experiences. About life, family, work, fashion, food and things that i passionate most.

No comments:

Post a Comment