Mar 21, 2018

All About HC from ME

Assalamualaikum :)

Kali ini saya mau cerita tentang sebuah komunitas yang sudah saya ikuti sejak tahun 2012 , dan alhamdulilah saat ini saya diberikan Amanah untuk menjadi KETUA UMUM nya , suatu amanah yang luar biasa banget dan insya allah saya akan jalani sebaik-baiknya sampai masa jabatan saya berakhir amin......berikut 
cerita saya tentang HC.....



Hijabers Community adalah......

Sebuah wadah saling berbagi ilmu, aspirasi, ekspresi dan pengikat ukhuwah islamiyah sesama muslimah seluruh Indonesia, HC merupakan komunitas besar yang dapat merangkul siapa saja baik muda maupun tua, sebuah support system untuk para muslimah yang ingin menguatkan iman dan ketaqwaannya melalui kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat yang rutin diadakan HC. HC melalui kiprahnya selalu ingin berkontribusi secara aktif untuk masyarakat khususnya muslimah agar dunia  islam menjadi makin maju, makin  kuat dan bersatu di tengah-tengah banyaknya problematika kehidupan yang terasa semakin mendekati akhir zaman. HC ingin menjadi salah satu “pembimbing” para muslimah dalam kebersamaan mencari ridho Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Kisah saya di HC.................... 

Dari awal memakai hijab tahun 2012, saya selalu berusaha mencari pertemanan atau komunitas yang dapat mendukung perubahan atau hijrah saya agar semakin mantap dan nyaman. Alhamdulilah saya dipertemukan dengan HC sebagai salah satu support system saya agar terus istiqomah memakai hijab.  Ceritanya berawal ketika teman saya neisya yang merupakan komite HC pada saat itu akan menyelenggarakan sebuah acara besar yang diusung HC. neisya tahu saya memang sudah biasa untuk menjadi MC berbagai acara, untuk itu neisya meminta bantuan saya memandu acara HIJAB DAY, sebuah acara tahunan HC yang saat itu pertama kalinya diselenggarakan. Alhamdulilah semenjak acara tersebut saya pun jadi semangat untuk datang ke berbagai kegiatan HC seperti pengajian rutin HC setiap bulannya. Sampai suatu ketika ada perekrutan  komite baru untuk menggantikan beberapa posisi yang kosong di susunan komite HC. 

Saya diajak neisya untuk ikut daftar menjadi komite-nya dan alhamdulilah saya diterima menjadi salah satu komite HC divisi public relation. Teman-teman komite yg lain juga sangat ramah dan welcome dengan para komite barunya, sehingga adaptasi komunikasi dan keakraban antara masing-masing komite di HC tidak menjadi hal yang sulit. Semua saling menghargai pendapat dan ide yang dikemukakan, jika ada yang tidak sependapat segera dicari solusi dan jalan tengahnya melalui musyawarah untuk mencapai mufakat. Buat saya HC juga memberikan dampak yang luar biasa tidak hanya untuk spiritualitas saya, tapi menyentuh aspek lain seperti pekerjaan. Melalui HC networking saya bertambah luas, apalagi saya berada dalam divisi public relation yang selalu berhubungan dengan pihak-pihak eksternal yang ingin bekerja sama dengan HC. Hal ini membuat skill saya di bidang PR pun mulai terasah kembali dan bertambah, karena dibutuhkan communication skills, kreativitas, dan writing skills untuk bernegosiasi ataupun berkomunikasi melalui email maupun saat meeting dengan pihak eksternal seperti sponsor acara, dsb. Selain itu untuk profesi saya sebagai MC yang sudah saya jalani sebelum masuk HC pun juga terkena dampaknya juga, karena networking yang tambah luas, klien pun jadi berdatangan karena kesempatan untuk menawarkan jasa saya sebagai MC pun makin banyak alhamdulilah banyak berkah yang saya rasakan semenjak ikut Hijabers Community.

Dalam sebuah komunitas seperti HC , memang modal utama yang harus kita berikan ialah kesabaran dan keikhlasa, baik waktu , pikiran, tenaga, dan biaya. Kami kerja dari hati tidak digaji maupun meminta gaji. Terkadang memang kegiatan-kegiatan yang kami urus di HC menyita waktu dengan keluarga dan kegiatan lain yang kita juga sedang jalani. Rasa bosan, penat ataupun malas juga sering menimpa saya jika sudah mendekati acara-acara besar HC maupun kegiatan rutin yang kami jalani tiap bulannya. Tapi semua itu tetap tidak bisa memadamkan api semangat yang memang sudah tertanam semenjak gabung di HC, dengan melihat peserta pengajian bulanan yang selalu ramai dikunjungi, antusias teman teman muslimah lainnya yang selalu semangat hadir di acara-acara HC, email kerjasama yang terus berdatangan dari berbagai pihak karena HC dianggap merupakan komunitas hijabers terbesar saat ini di Indonesia yang sudah established dengan kegiatan-kegiatan rutinnya dan memberikan dampak social yang baik bagi sekitarnya,dll membuat kami sadar bahwa apa yang telah kami kerjakan selama ini alhamdulilah tidak sia-sia dan sayang jika harus putus ditengah jalan. Kalau bukan kita siapa lagi ? jadi sekali lagi walau capek namun saya tetap merasa bersyukur masih bisa aktif berkontribusi di HC dengan memberikan energi dan pikiran saya agar bisa bermanfaat bagi orang lain.


Management Waktu  di HC.....................

Ketika saya bergabung di HC saya baru saja melahirkan anak pertama saya dan profesi saya memang sebagai ibu rumah tangga yang mempunyai sambilan bekerja sebagai master of ceremony jika ada job yang datang. Sehingga kegiatan saya dalam berkontribusi di HC tidak terlalu menyita waktu. Dua tahun setelah itu saya pun melahirkan anak kedua, nah saat ini memang jadi agak susah untuk terlalu aktif karena anak sudah dua akan tetapi, alhamdulilah para komite lain apalagi yang masih single memang selalu mengerti dengan keterbatasan para komite lain yang sudah punya anak, sehingga mereka tidak berkeberatan untuk saling back up pekerjaan. Akan tetapi walaupun sudah repot dengan urusan rumah tangga sebisa mungkin saya pun mengatur jadwal agar bisa tetap aktif ketika acaara-acara HC yang memerlukan lebih banyak tangan seperti HIJAB DAY acara tahunan besar HC yang diselenggarakan seharian penuh, karena memang suami dan keluarga sudah sangat mendukung saya berkegiatan di komunitas ini jadi mereka pun turut serta membantu menjagas anak-anak saya ketika bunda nya harus bekerja . Selain itu untuk meeting komite yang sifatnya urgent dan harus segera didiskusikan bersama, dan jika kami tidak bisa mendapatkan waktu yang pas untuk meeting lengkap yang semua anggotanya hadir, kami mendisusikannya via grup WA dengan agenda rapat yang sudah terjadwal misalnya hari senin malam sehingga semua komite saat itu sudah stand by di hape masing-masing untuk rapat darimana saja mereka berada.






Memilih Sahabat...................

Alhamdulilah sejak gabung di HC saya seperti memiliki keluarga kedua, walaupun awalnya kita tidak saling kenal bahkan sangat asing satu sama lain akhirnya menjadi akrab. Semua ini karena dari awal kami sudah satu tujuan. Sama-sama ingin “gaul dunia & akhirat” jadi apa yang menjadi pembahasan kita satu sama lain dalam komite selain tentang HC, adalah seputar kehidupan rumah tangga, masalah agama, masalah social yang ujung-ujungnya kembali saling mengingatkan,  saling menjaga, saling berbagi , saling belajar agar menjadi manusia yang lebih baik lagi. Ada yang suka sharing hadist, ada yang bertanya tentang fiqih, ada yang bertanya soal asmara, ada yang sharing atau suka kasih info  untuk charity bagi orang-orang yang lagi membutuhkan bantuan, dll. Jadi apa yang menjadi pembahasan di grup WA kami insya allah tidak sia-sia dan bermanfaat . disinilah keakraban kami terus terjalin seiring dengan waktu karena akhirnya kita masing-masing kenal kpribadian komite yang beraneka ragam dan subhanallah Sahabat-sahabat yang seperti inilah yang banyak memberikan inspirasi bagi saya agar terus istiqomah.

“perbanyaklah sahabat-sahabat salih/salihahmu karena mereka memiliki syafaat di hari kiamat” ( Hasan Al BAsri )

Semoga cerita saya kali ini bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi kepada teman-teman yang membaca semua ya :)

Walaikumsalam Wr Wb

SALAM,

Putri Dwiandari
Putri Dwiandari
Putri Dwiandari

Hai Friends, welcome to my blog! i'm a Moslem, a happily married, and a mom of two daughter named Asiya Almira Adiprawira and Aisha Adriana Adiprawira. I start this blog back in 2009 to share my thoughts and also my traveling experiences. About life, family, work, fashion, food and things that i passionate most.

No comments:

Post a Comment